Kamus

Alternatif Penyelesaian Sengketa adalah sebuah penamaan untuk proses dan cara penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

Arbiter adalah orang perseorangan yang netral yang ditunjuk untuk memberikan putusan atas persengketaan para pihak.

Arbitrase adalah salah satu jenis alternatif penyelesaian sengketa dimana para pihak menyerahkan kewenangan kepada kepada pihak yang netral, yang disebut arbiter, untuk memberikan putusan.

Arbitrase Kelembagaan adalah arbitrase yang dilaksanakan oleh suatu lembaga arbitrase dan berdasarkan peraturan dari lembaga yang bersangkutan.

Dewan Kehormatan adalah salah satu organ pada lembaga arbitrase yang mempunyai tugas antara lain memeriksa pengaduan mengenai adanya dugaan pelanggaran etika perilaku yang dilakukan oleh arbiter dan mediator.

Etika Perilaku adalah panduan mengenai tanggungjawab etika dan tingkah laku arbiter dalam persengketaan bisnis.

Hak Ingkar adalah hak yang dimiliki oleh pihak-pihak yang bersengketa untuk menuntut penggantian arbiter karena diduga arbiter yang bersangkutan tidak netral, tidak mandiri tidak adil, dan tidak cakap.

Jawaban adalah tanggapan tertulis termohon (tergugat) atas suatu tuntutan yang diajukan oleh pemohon (penggugat).

Kaukus adalah pertemuan antara mediator dengan salah satu pihak tanpa dihadiri oleh pihak lainnya dalam proses mediasi.

Kekebalan Arbitrase adalah bahwa arbiter dilindungi dari tuntutan yang muncul sehubungan dengan kuasi pengadilan yang dijalankannya dalam persidangan arbitrase.

Kesepakatan Damai adalah perjanjian yang memuat perdamaian yang dicapai oleh para pihak dalam proses mediasi.

Klausula Arbitrase adalah ketentuan di dalam perjanjian yang dibuat para pihak yang mencantumkan kesepakatan untuk menyelesaikan sengketa melalui arbitrase.

Majelis Arbitrase adalah panel yang terdiri dari tiga atau lebih arbiter yang akan memimpin jalannya persidangan arbitrase.

Mediator adalah pihak netral yang ditunjuk untuk memfasilitasi pertemuan dan membantu para pihak mencapai perdamaian.

Mediasi adalah salah satu jenis alternatif penyelesaian sengketa dimana persengketaan para pihak diselesaikan melalui negosiasi dengan bantuan pihak ketiga yang netral yang disebut mediator.

Pemohon adalah pihak yang mengajukan permintaan penyelesaian sengketa melalui arbitrase. Istilah "Pemohon" pada arbitrase sama dengan "Penggugat" dalam persidangan pengadilan.

Perjanjian Arbitrase adalah perjanjian para pihak untuk menyelesaikan sengketa melalui arbitrase yang dituangkan dalam klausula arbitrase atau perjanjian tersendiri.

Putusan Arbitrase adalah keputusan tertulis yang dijatuhkan oleh arbiter atas sengketa yang telah diperiksanya berdasarkan ketentuan hukum atau berdasarkan kepatutan dan keadilan.

Termohon adalah pihak yang dituntut oleh pemohon dalam arbitrase. Istilah "Termohon" pada arbitrase sama dengan "Tergugat" dalam persidangan pengadilan.

Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi d/a PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)
Graha Mandiri Lantai 3
Jl. Imam Bonjol Nomor 61
Jakarta Pusat 10340

T: +62 21 39837415
F: +62 21 39833715
e-mail: sekretariat@bakti-arb.org